Recents in Beach

Rahasia Uang Mengalir Dari Internet Hanya Dalam 30 menit!

Mengenal Node.js

Mengenal Node.js - Hallo sahabat Dunia Internet, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Node.js , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Javascript, Artikel Node.js, Artikel V8, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal Node.js
link : Mengenal Node.js

Baca juga


Mengenal Node.js

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Node.js dan dipostingan kali ini Anda dapat belajar untuk mulai menggunakan Node.js. Sebelum memulai ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu Node.js .

Apa itu Node.js ?

Node.js merupakan runtime javascript opensource yang dibuat berdasarkan dari Google Chrome V8 engine untuk mengembangkan berbagai macam alat atau aplikasi sisi server. Meskipun Node.js bukan merupakan framework JavaScript, namun kebanyakan modul dasar yang ada di Node.js ditulis menggunakan JavaScript, dan pengembang dapat menulis modul baru menggunakan JavaScript. 
Node.js menggunakan event-driven dan non-blockin I/O model yang membuatnya ringan dan efisien.
Dengan kata lain Node.js menawarkan kemungkinan untuk membuat server menggunakan bahasa pemrograman javascript dengan kinerja yang luar biasa.
Aplikasi Node.js dapat berjalan di MacOS, Microsoft Windows, NonStop, dan server Unix. Aplikasi Node.js dapat ditulis dengan CoffeeScript (alternatif JavaScript), Dart atau Microsoft TypeScript, atau bahasa lain yang dapat mengkompilasi ke JavaScript. Node.js umumnya digunakan untuk membangun program jaringan seperti web server. Perbedaan terbesar antara Node.js dan PHP adalah bahwa sebagian besar fungsi dalam blok PHP sampai selesai (perintah dieksekusi hanya setelah perintah sebelumnya telah selesai), sementara fungsi dalam Node.js dirancang untuk menjadi non-blocking (perintah mengeksekusi secara paralel, dan penggunaan callback sinyal selesai atau kegagalan).

Menginstall Node.js

Sebelum memulai menggunakan Node.js Anda perlu menginstall Node.js runtime yang dapat Anda download pada halaman web resmi Node.js : https://nodejs.org/en/download/
Untuk mulai menggunakan Node.js mari mencobanya terlebih dahulu melalui terminal/cmd dengan mengetikan perintah node pada termminal/cmd


Sekarang  mari kita mencoba untuk menampilkan Hello World! pada terminal/cmd dengan mengetikkan perintah berikut

console.log('Hello World!')

Nantinya outputnya akan menjadi seperti gambar berikut:


Sekarang kita akan coba untuk membuat aplikasi Command Line Interface yang melakukan perhitungan sederhana seperti penambahan dan pengurangan. Buatlah file javascript baru dan beri nama index.js.
Untuk melakukan penambahan dan pengurangan kita akan memberikan argumen ke aplikasi, jika pengurangan maka argumen yang diberikan contohnya adalah 2 - 2, dan jika penambahan maka contonya adalah 2 + 2.
Sekarang kita perlu mendapatkan 3 argumen tersebut, untuk mendapatkan 3 argumen tersebut ketikkan script berikut ke file javascript yang baru saja Anda buat.

process.title = 'duniainternet66';
// mendapatkan semua argumen setelah nama file
let args = process.argv.slice(2);

Pada script diatas saya memberikan judul proses dengan menggunakan process.title, judul ini nantinya hanya akan tampil ketika proses sedang berlangsung. Kemudian pada baris selanjutnya saya menggunakan process.argsv untuk mendapatkan semua argumen,  process.argsv memberikan nilai dalam bentuk Array, jadi kita dapat menggunakan slice untuk mendapatkan salinan dari array tanpa merubah array aslinya. Angka 2 merupakan index array dimana terdapat argumen yang kita butuhkan yaitu angka pertama, jadi slice akan menyalin array dimulai dari index ke 2 hingga terakhir.

Sekarang kita perlu mengecek simbol aritmatik yang ada pada index 1 di variable args kemudian melakukan pengurangan atau penambahan tergantung dari simbol aritmatik yang diberikan. Perlu diingat bahwa semua nilai yang diberikan oleh process.argv merupakan tipe data primitif string, sehingga Anda perlu melakukan parsing untuk dapat melakukan perhitungan antara angka pertama dan angka kedua.

if (args[1] == '+') {
console.log(parseInt(args[0]) + parseInt(args[2]));
} else if (args[1] == '-') {
console.log(parseInt(args[0]) - parseInt(args[2]));
}
Sekarang Anda dapat menjalankannya menggunakan perintah node index.js 1 + 2.


Mungkin itu saja yang dapat saya share pada kesempatan kali ini.

Semoga bermanfaat ...!!


Full Code:
process.title = 'duniainternet66';
// get all arguments after our filename
let args = process.argv.slice(2);
if (args[1] == '+') {
console.log(parseInt(args[0]) + parseInt(args[2]));
} else if (args[1] == '-') {
console.log(parseInt(args[0]) - parseInt(args[2]));
}


Demikianlah Artikel Mengenal Node.js

Sekianlah artikel Mengenal Node.js kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Node.js dengan alamat link https://duniainternet66.blogspot.com/2017/03/mengenal-nodejs.html

Posting Komentar

0 Komentar